MANAJEMEN LAYANAN TI BUKALAPAK
2KA13
AHMAD DICKY FAJRIYANSYAH
10117312
FAHMI ADAM 12117061
HAFIZ ALDRIEN RADITE 12117612
NURKHOLIS FEBRIANSYAH 14117606
VIKRI ALIF PUTRANANDA 16117095
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
2018/2019
1.
Standar Internal Manajemen TI (Strategy Management for IT Services) –
Pengoptimalan Segenap Sumber Daya TI yang dimilikinya
- Hadir di mana-mana
Demi meraih perhatian masyarakat Indonesia, Bukalapak pun membuat iklan dengan cara yang unik, seperti meniru gaya pesulap Deddy Corbuzier, atau menganalogikan pengguna mereka sebagai seorang pahlawan. Di kanal YouTube mereka, Bukalapak bahkan membuat serial pendek dengan judul Kasih Tak Santai.
Dari iklan yang dihadirkan oleh Bukalapak kami menyimpulkan pemanfaatan IT untuk hadir dimana mana merupakan upaya yang sangat baik karena Bukalapak selalu berusaha untuk mengamnil daya tarik masyarakat dengan memanfaatkan setiap media social yang banyak digunakan oleh masyarakat sehingga dapat mencuri hati konsumen dan memenuhi tarsget pasar mereka
- Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana kita sebagai affiliate partner mencantumkan iklan dan kampanye yang dilakukan Bukalapak pada situs yang kita miliki. dan dari iklan tersebut kita akan mendapatkan komisi yang akan diberikan oleh Bukalapak. Berdasarkan dari penjualan sukses yang berhasil kita dapatkan. Bukalapak membuka kesempatan bagi kita untuk mendapatkan uang gratis dari komisi atas kegiatan pemasaran yang kita lakukan terhadap iklan dari produk-produk yang ada pada Bukalapak. Kecanggihan Sistem dan teknologi yang dimiliki oleh Bukalapak dapat diandalkan. Platform tersebut akan dapat melacak serta memberikan laporan atas setiap transaksi yang dihasilkan oleh setiap afilliate.
Masih berkaitan dengan strategi pertama, disini kami lihat bahwa Bukalapak tidak hanya ingin bergerak dengan iklan iklan yang mereka posting sendiri, tetapi mereka mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam memposting iklan iklan produk Bukalapak. Sehingga ini merupakan strategi yang sangat baik karena secara tidak langsung ini juga menjadi lahan promosi dari Bukalapak itu sendiri.
- Fokus pada perangkat mobile
Menghadirkan Aplikasi mobile Bukalapak, kami rasa ini merupak satu lagi strategi IT yang digunakan oleh Bukalapak, dengan berkembangnya perangkat mobile kami rasa Bukalapak juga ingin memanfaatkan hal ini dalam pemasaran produknya. Ini merupakan strategi yang cukup sukses dilakukan Bukalapak apalagiaplikasi mobile Bukalapak sempat meraih rating yang tertinggi di Google Play dan Apple App Store untuk kategori e-commerce Indonesia. Salah satu fitur yang cukup bermanfaat yaitu adanya fitur mengirimkan notifikasi kepada mereka terkait sebuah diskon. Fitur ini cukup menarik minat konsumen karna diangga bermanfaat.
- Sistem keamanan yang sangat baik
Untuk mendukung semua program dan strategi tersebut Bukalapak juga turut menghadirkan sistem keamanan tingkat tinggi, dari hasil wawancara yang kami lakukan kami memperoleh jawaban bahwa banyaknya data yang msuk setiap detiknya merupakan tantangan yang harus dilalui oleh Bukalapak. Namun mereka telah menghadirkan sistem keamanan yang ketat yaitu Hack Attack Application untuk mematikan upaya hacking dari luar, anonymous application, dan juga security hardening dengan aturan mereka yaitu root user akan di disable. Dengan sistem keamanan tingkat tinggi dan pengawasan penuh 24 jam mereka dapat memberikan keamanan dalam setiap kegiatan transaksi di Bukalapak.
2. Service Portofolio Management (Ragam Jenis Pelayanan TI)
A. Transaction Searching dan Sorting Transaction
Fitur searching transaksi dan sorting transaksi akan memudahkan mencari transaksi atau nama pengirim/penerima. Selain itu bisa juga mengelompokkan transaksi menurut status, antara lain menunggu, dibayar, diterima, selesai atau dikembalikan.
B. Cetak Alamat Pengiriman
Fitur ini dapat di temukan dihalaman transaksi. Terdapat informasi detail alamat pengiriman dan informasi nama penjual dengan nomor telepon.
C. Promosikan Barang Menggunakan Push
Fitur Push merupakan salah satu fitur pelapak berbayar yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang agar tampil di urutan paling awal pada halaman daftar barang hasil pencarian atau kategori. Semakin sering melakukan push, maka peluang barang terjual akan semakin besar. Pelapak dapat membeli push dalam bentuk satuan (Rp2.000/push) atau dalam bentuk paket. Berikut adalah beberapa paket push yang ditawarkan oleh Bukalapak:
- Harga Rp50.000 untuk 50 push
- Harga Rp75.000 untuk 75 push
- Harga Rp100.000 untuk 100 push
- Harga Rp250.000 untuk 200 push dan bonus 50 push
- Harga Rp400.000 untuk 400 push dan bonus 100 push
- Harga Rp600.000 untuk 600 push dan bonus 150 push
Fitur ini berfungsi untuk memudahkan penjual dalam mengirim barang kepada pembeli diseluruh Indonesia dengan memperhitungkan ongkos kirim otomatis untuk POS Indonesia, JNE dan Tiki.
D. BL Chat
Fitur ini berfungsi untuk mengirim pesan antara pelapak dan pembeli di Bukalapak, yang mudah layaknya aplikasi chat. Fitur BL chat tidak hanya berguna bagi pelapak saja, tetapi pembeli juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk bertanya jawab langsung dengan pelapak mengenai barang yang diinginkan, baik itu ketersediaan barang atau mengenai spesifikasi dan lainnya.
Itu adalah fitur pelayanan TI yang dimiliki oleh Bukalapak menurut analisa yang kami lakukan adanya fitur-fitur tersebut memiliki satu tujuan yang sama yaitu memudahkan konsumen. Baik dalam website maupun dalam aplikasi mobile mereka, kemudahan yang mereka berikan juga tidak hanya dalam hal transaksi jual beli tetapi juga dalam hal permasaran produk.
3. Financial Management for IT Services (Dana)
Setelah berdiri kurang lebih satu tahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group. Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu. Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Dari laporan keuangan EMTEK tahun 2015 (pemilik 49% saham Bukalapak), diketahui bahwa Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari EMTEK total hingga Rp 439 miliar.
Dari hasil tanya jawab yang kami lakukan, kami memperoleh kesimpulan bahwa untuk menguatkan financial mereka, Bukalapak selalu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan berbagai metode seperti menawarkan fitur fitur atau program baru yang mereka miliki sehingga dapat menarik keinginan berbagai pihak untuk menjalin kerjasama yang apik dengan Bukalapak.
4. Demand Management (Kebutuhan Pengguna akan Layanan TI)
Kebutuhan penggua semakin hari semakin meningkat begitu pula dengan pelayanan yang harus diberikan guna memenuhi hasrat dari konsumen. Dari hasil wawancara yang kami lakukan Bukalapak selalu berusaha untuk menghadirkan pelayanan yang baru dan inovatif, dikarnakan banyaknya transaksi yang terjadi maka konsumen mennginkan sebuah sistem yang cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan, untuk itu bukalapak sedang berusaha menghadirkan pelayanan tersebut dalam aplikasi maupun website mereka. Saat ini mereka mengklaim bahwa fitur costumer sevice 24 jam yang mereka miliki masih melayani pertanyaan dengan metode menjawabnya 1 per 1, dan untuk kedepannya mereka ingin menghadirkan sistem Bot untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk tersebut.
5. Business Relationship Management
Selain memiliki relasi dengan berbagai investor besar dan perusahaan besar, Bukalapak juga menghadirkan suatu program untuk meningkatkan relasi mereka yang ditujukan kepada konsumen itu sendiri, mereka menghadirkan program Mitra Bukalapak adalah salah satu program yang dimiliki Bukalapak. Program Ini memberikan kesempatan kepada semua orang Indonesia, di mana pun mereka berada, untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha sampingan menjadi Mitra Bukalapak. Dengan menjadi agen, mereka bisa berjualan produk ataupun jasa yang ada di Bukalapak. Tak perlu pusing memikirkan berapa modal yang dibutuhkan untuk menjadi agen, karena kamu tidak membutuhkan modal apa pun untuk menjadi Mitra Bukalapak. Dan untuk menjaga hubungan baik dengan setiap relasi yang dimiliki mereka mengklaim bahwa akan terus menawarkan program program yang inovatif agar Bukalapak mampu terus bersain dan memberikan hasil positif bagi para relasinya.
DAFTAR PUSTAKA
Dhanika , public relation. 2019 . Manajemen TI Bukalapak . Wawancara oleh Nurkholis perwakilan keompok.
Harto , database engineer .2019 . Manajemen TI Bukalapak . Wawancara oleh Nurkholis perwakilan kelompok.
Lampiran